Urgensi Pendidikan Berpikir Kritis Terhadap Konsep Merdeka Belajar Di Era New Normal

  • Whatsapp

Kehidupan umat manusia, hampir tidak ada golongan manusia yang tidak memakai pendidikan sebagai instrumen untuk peningkatan kualitasnya. Pendidikan sangat dibutuhkan sebagai persiapan bagi manusia itu sendiri untuk membantu perannya dimasa yang akan datang. Pendidikan yang diterapkan oleh suatu bangsa memiliki hubungan yang relevan dengan keadaan negara dimasa mendatang. Dengan ini, pendidikan adalah instrumen terbaik untuk membangun suatu generasi muda bangsa yang tidak bodoh secara ilmu tetapi tetap memiliki hubungan tradisi mereka sendiri.

Urgensi dalam bahasa Indonesia memiliki makna yakni hal yang sangat mendesak. Didalam UU No.20/2003 tentang sistem pendidikan nasional, tercantum pengertian pendidikan: “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya sehingga memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan oleh dirinya, masyarakat, banga dan negara”

Bacaan Lainnya

Pendidikan secara umum memiliki makna yakni suatu proses kehidupan untuk mnegembangkan diri setia individu untuk melanjutkan hidup. Oleh karena itu , pendidikan memiliki makna yang sangat penting dan wajib bgi setiap umat manusia. Oleh karenanya, ilmu pengetahuan bukan hanya tentang mentransfer ilmu semata, namun tujuan dari pendidikan yang sesungguhnya ialah menciptakan pribadi yang mampu memiliki sikap dan budi pekerti yang positif.

Baca Juga :  Pendekatan Supervisi Pendidikan

Pos terkait