Strategi Flipped Classroom dengan Merdeka Belajar di Era New Normal

  • Whatsapp

Dari  paparan  diatas,  dapat  kita  ketahui  bahwa  kondisi  saat pandemi  sangat   membawa   dampak   terhadap   keadaan   di   setiap   aspek kehidupan, salah satunya bidang pendidikan,  solusi  yang dapat diterapkan untuk mengatasi keadaan di era new normal ini berupa strategi flipped classroom  dengan  menggunakan  assessment  formatif  web  based. Implementasi merupakan suatu penerapan aktivitas yang bertujuan untuk mencapai sebuah tujuan ataupun sasaran  yang diinginkan.

Maka dari itu perlunya sebuah strategi untuk menghadapi era new normal ini, flipped classroom sangat cocok untuk di implementasikan dalam proses pembelajaran pada era new normal yang tetap memberhatikan keamanan, keselamatan dan juga kesehatan, karena flipped classroom yang merupakan gabungan antara kegiatan luring dan juga daring. Selain itu flipped classroom juga memusatkan perhatian kepada siswa.

Bacaan Lainnya

Dalam pembelajaran flipped classroom, siswa dituntut untuk lebih aktif dan mandiri dalam proses pembelajaran,karena dalam pembelajaran ini seorang pendidik akan   memberi sebuah materi dan para siswa dapat mempelajari materi yang telah diberikan dengan mandiri, adapun jika  para  siswa  sudah  mendapat  kesempatan  untuk  kembali  bersekolah disebuah lembaga dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, maka strategi ini juga sangat cocok untuk digunakan, pada pembelajaran luring guru juga tetap memberikan materi kemudian pada saat pembelajaran secara daring para siswa dapat dijadikan sebuah kelompok diskusi kecil agar tetap mematuhi anjuran pemerintah menjaga jarak, dan para siswa akan tetap aman, pada saat siswa melakukan kegiatan daring siswa dapat berdiskusi atau bertanya tentang materi yang telah diberikan. Namun dalam keadaan di era new normal ini banyak hal yang juga harus disiapkan jika memang peserta didik akan kembali bersekolah, dari kesiapan pemerintah, orang tua, dan juga sekolah.

Baca Juga :  Mengenal Sosok Adolf Hitler

Pos terkait