Merdeka Belajar dan Desain Pembelajaran

Jadi dengan adanya model pembelajaran Flipped Classrom kini pembelajaran dilakukan di rumah, Sebaliknya aktifitas yang biasanya dikerjaan di rumah yaitu mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru kini dilakukan didalam kelas.3 Dalam model pembelajaran Flipped Clasroom ini guru hanya sebagai fasilitator yang hanya memberi materi pembelajaran  dalam bentuk video yang akan dipelajari siswa di rumah yang akan nantinya menjadi bekal pengetahuan siswa ketika belajar didalam kelas.

Model pembelajaran Fliped Clasroom ini   sangat cocok diterapkan pada situasi new normal seperti saat ini khususnya pada Sekolah Dasar. Flipped Clasroom sendiri merupakan salah satu perwujudan merdeka belajar disaat situasi new normal yang harapannya siswa dapat belajar materi pembelajaran yang diberikan oleh gurunya dalam situasi dan kondisi yang nyaman, sehingga siswa cepat memahami materi yang diberikian oleh gurunya. 

Bacaan Lainnya

Seperti halnya sekolah- sekolah dasar disekitar dilingkungan saya, sekolah-sekolah tersebut kebanyakan menggunakan pembelajaran Flipped Classroom ini dimana gurunya hanya memberikan materi berupa video atau power point sebagai ajang bekal pengetahuan siswa ketika belajar tatap muka di dalam kelas. Materi yang berupa video ataupun power point akan di share melalui grub whatsaap ataupun grub yang lainnya. dengan adanya model pembelajaran Flipped Classrom dalam upaya penerapan merdeka belajar ini dapat memberikan kenyaman khususnya pada siswa sekolah dasar dalam melakukan proses belajar.

Baca Juga :  Pengertian Shalat Berjama’ah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *