Model Blended Learning dalam Pembelajaran

  • Whatsapp
Undangan Digital

Blended Learning sesuai  dengan artinya  yaitu suatu model  pembelajaran yang memadukan  pembelajaran  tatap  muka langsung (face  to  face)  dari  pembelajaran tradisional dengan kekuatan fleksibilitas dan sumber pembelajaran yang beragam dari program e-learning. Bertatap muka secara langsung memudahkan bagi tenaga pendidik

menilai serta menggali seberapa pemahaman dan kompetensi yang dimiliki peserta didik dan memungkinkan interaksi langsung antara tenaga pendidik dengan peserta didik maupun antara  peserta   didik  dengan  peserta didik  lainnya. E-learning membuat fleksibilitas peserta didik dalam belajar mandiri dengan memnafaatkan berbagai sumber yang difasilitasi oleh tenaga pendidik dengan memiliki kemandirian  terhadap tempat, urutan belajar, waktu, dan kecepatan belajar.

Bacaan Lainnya

Blended Learning menciptakan gaya belajar yang berbeda-beda untuk memfasilitasi gaya belajar para peserta didik. Dengan adanya model pembeajaran Blended Learning, peserta didik yang membutuhkan waktu belajar lebih lama dalam memahami sebuah materi dapat mengulas kembali secara online atau offline di tempat dan waktu sesuai yang diinginkan. Dalam metode online atau offline tenaga pendidik bebas untuk menghadirkan suatu cara belajar yang di sajikan dalam format teks ataupun gambar dan bisa melalui video pembelajaran yang tidak biasa di lakukan dalam pembelajaran tatap muka secara langsung.

Untuk meningkatkan semangat para peserta didik maka harus dipikirkan faktor intrinsik apa dan ekstrinsik seperti apa pendukungnya. Penerapan  model pembelajaran Blended  Learning menjadi salah satu faktor ekstrinsik yang mendukung munculnya semangat belajat para peserta didik, dikarenakan adanya hal baru yang dapat menarik fokus peserta didik dalam pembelajaran. Sedangkan maksud dari faktor instrinsik yang berasal dari  dalam diri seorang peserta   didik dan salah satunya  adalah dalam dorongan kemauan belajar.

Baca Juga :  Khasiat Mengkonsumsi Rempah-Rempah Pada Tubuh Manusia

Pos terkait