Model Blended Learning dalam Pembelajaran

Tenaga pendidik yang bersifat sebagai fasilitator harus memberikan ruang yang besar untuk peserta didiknya mengeksplorasi diri dalam proses belajar, menolong peserta didik untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya sehingga pengetahuan tersebut bisa menjadi pengalaman dan akhirnya pengalaman itu menjadi sebuah kompetensi yang baik. Pertemuan tatap muka secara langsung seharusnya tidak dihabiskan untuk menyampaikan materi tetapi lebih banyak dipakai  untuk  berdiskusi,  berinteraksi  dan  mengeksplorasi  apa  yang  sudah dipelajari serta memecahkan suatu permasalah bersama.

Materi yang dipelajari hendaknya dipersiapkan  dalam bentuk audio ataupun video yang bisa dipelajari kembali dan diperdalam oleh peserta didik secara mandiri bahkan di luar jam sekolah. Peserta didik pun diberikan ruang untuk memperdalam pengetahuan belajarnya dengan mengakses secara online dengan bantuan rekomendasi tenaga pendidik(khususnya untuk peserta didik dengan usia masih sangat muda). Tujuan yang utama dari tenaga pendidik dalam hal mengajar adalah bukan mengejar target untuk menghabiskan materi pembelajaran, tetapi memastikan kepada peserta didiknya apakah sudah memahami topik pembelajaran yang telah disampaikan, membuat peserta didik memiliki kemampuan dalam berpikir kritis, dan menunjukkan cara menyelesaikan masalah dengan baik dan tepat sehingga dapat melahirkan kompetensi baru yang diiringi dengan karakter positif

Bacaan Lainnya

Blended learning memungkinkan pelaku pendidikan memiliki wawasan keilmuan yang lebih luas karena media belajarnya bersifat global dan dapat berkolaborasi dengan peserta didik dan tenaga pendidik di sekolah sendiri maupun dari sekolah lain. Peserta didik tidak hanya sekedar menjadi obyek yang sekedar menerima materi belajar, tetapi harus mampu menjadi pembelajar yang memahami dengan baik pembelajaran yang disampaikan kemudian dijadikan sebuah pengalaman  yang dapat melahirkan kompetensi baru. Sehingga pada akhirnya peserta didik tumbuh dengan pribadi yang memiliki karakter positif dan memberikan kontribusi terbaiknya bagi dirinya sendiri, lingkungan sekitar, bangsa, dan negara.

Baca Juga :  RPP Terbaru Matematika Kelas 6 Materi Luas Permukaan Kerucut

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *