Konsep ‘sabar’ di merdeka belajar era New normal

  • Whatsapp
Undangan Digital

Covid-19, semua orang pasti mengenal dan mengetahui adanya virus ini. Ya, virus yang berasal dari China ini merupakan virus dengan penyebaran lewat udara dan dapat mematikan. Dengan penyebaran lewat udara ini membuat masyarakat dituntut untuk mematuhi protokol kesehatan salah satunya dengan selalu memakai masker dan berjaga jarak. Virus ini telah muncul sejak bulan Desember 2019 di Wuhan, China.

Kemudian pada sekitar awal tahun 2020 tepatnya dibulan Maret, virus ini telah memasuki Indonesia. Virus ini tak hanya menyebar sampai Indonesia saja, bahkan hampir seluruh dunia telah tersebar virus ini. Dengan tersebarnya virus ini diberbagai negara, pada awal tahun 2020 seluruh negara memberlakukan kebijakan karantina mandiri dirumah. Hal tersebut membuat masyarakat melakukan karantina mandiri dirumah (stay at home) untuk menghindari dan meminimalisir penyebaran virus ini.

Bacaan Lainnya

Selama berbulan-bulan, rupanya kebijakan diam dirumah ini membuat semakin banyak pihak yang kesulitan dalam melakukan aktivitas. Sehingga dapat dikatakan bahwa dampak dari covid-19 ini bukan hanya pada fisik, tetapi juga pada mental. Karena dengan stay at home banyak aktivitas yang penting terbengkalai dan sulit dilakukan ditengah pandemi seperti ini, salah satunya adalah aktivitas belajar mengajar bagi seluruh jenjang di Indonesia.

Di era pandemi seperti saat ini dunia pendidikan mengalami problematika ditiap satuan pendidikannya, sehingga pemerintah membuat kebijakan baru untuk pendidikan diIndonesia agar tetap berjalan dengan baik menggunakan metode daring (belajar dirumah) berbasis online. Kebijakan merdeka belajar yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dirasa menjadi usaha yang strategis dari pemerintah yang siap dilakukan untuk menghadapi pandemi covid-19 ini. Konsep belajar yang diterapkan pemerintah ini mengandalkan teknologi dan jaringan internet yang dilakukan baik oleh pengajar maupun siswa.

Baca Juga :  Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia

Pos terkait