Implementasi Merdeka Belajar “From Zero To Hero” di Era New Normal

  • Whatsapp
Undangan Digital

Pendidikan merupakan kewajiban dan peran penting bagi semua warga negara untuk membawa kesuksesan seseorang. Pendidikan juga mengajarkan kepada masyarakat akan pentingnya norma, aturan, dan nilai– nilai dalam masyarakat. Kita belajar bagaimana menjadi diri kita dan mengaplikasikannya pada budaya kita. Kita juga belajar akan suatu permasalahan dan cara mengatasi masalah. Selain itu, pendidikan yang berkualitas akan memberikan kesempatan besar untuk kita mendapatkan sesuatu yang positif.

Pendidikan bagi suatu banga yang berkembang atau maju merupakan suatu hal yang sangat mendasar. Maju dan mundurnya suatu negara ditentukan dari pendidikan yang di terapkan negara tersebut. Sebab, dengan pendidikan berarti suatu bangsa itu telah mempersiapkan generasi bangsa yang unggul. Menyikapi hal tersebut, sudah saatnya kita sadar bahwa pendidikan adalah faktor terpenting agar kita mampu bersaing dengan negara negara maju.

Bacaan Lainnya

Sudahkan kita memiliki kemampuan dalam bersaing? Harus kita ketahui bahwa jika dalam meraih kesuksesan tidak hanya pandai segala bidang tapi harus ada semangat yang mendorong agar lebih maju.1 Perubahan sistem pendidikan yang dilakukan pemerintah dengan melakukan kebijakan penerapan merdeka belajar. Merdeka berlajar merupakan salah satu kebijakan dari menteri pendidikan dan kebudayaan, nadiem makarim.

Namun, Pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri dunia pendidikan pada saat ini. Kondisi pandemi Covid-19 juga memaksa para pemangku kebijakan di bidang pendidikan untuk dapat menyesuaikan diri dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penyesuaian ini diwujudkan melalui kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM), dimana mahasiswa diberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan kompetensi baru melalui beberapa kegiatan pembelajaran di luar program studinya.

Baca Juga :  Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin Di Madrasah Ibtida’iyah Islamiyah Sumberwudi

Hingga saat ini kondisi penyebaran virus tersebut masih memprihatinkan. Jika kondisi ini terus meningkat, maka sudah bisa dipastikan dampaknya terhadap sector pendidikan juga akan semakin meningkat. Dampak yang paling di khawatirkan adalah efek jangka panjang. Para peserta didik secara otomatis akan merasakan keterlambatan dalam proses pendidikan yang dijalaninya

Pos terkait