Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Perilaku Anak Didik

  • Whatsapp
Undangan Digital

Secara alamiah, manusia tumbuh dan berkembang sejak dalam kandungan sampai dia meninggal, melalui proses tahap demi tahap. Dalam proses ini pendidikan merupakan suatu hal yang tidak terpisahkan.  Pendidikan sebagai usaha membina dan mengembangkan perilaku manusia dari aspek rohaniah dan jasmaniah juga harus berlangsung secara bertahap.

Akan tetapi suatu proses yang dinginkan dalam usaha kependidikan adalah proses yang terarah dan bertujuan, yaitu mengarahkan anak didik demi terbentuknya kepribadian yang bulat dan utuh sebagai manusia individu dan sosial serta hamba Allah swt yang mengabdi kepada Nya.

Bacaan Lainnya

Dalam proses tersebut, terjadi interaksi antara pendidik dan peserta didik sebagai suatu rangkaian kegiatan komunikasi antar manusia, yakni kegiatan yang saling mempengaruhi. Proses ini diharapkan bertujuan membentuk akhlak yang mulia dengan wujud penekanannya ialah perubahan tingkah laku. karena kebermaknaan hidup seseorang terwujud dalam sikap dan perilaku yang sepadan dengan nilai kemakhlukannya sebagai hamba dan khalifah di bumi.

Keutuhan sosok pribadi seseorang sebagai perwujudan dari dimensi fitrahnya merupakan tujuan dari pendidikan, yang dalam proses perkembangannya sering mengalami kendala-kendala dan hambatan, baik internal mapun eksternal. Perkembangan itu seiring dengan rentang kehidupan mulai dari masa konsepsi, bayi, kanak-kanak, remaja sampai ia dewasa.

Rentang kehidupan ini mempunyai kaitan erat antara satu fase ke fase berikutnya. Untuk perubahan sikap dan perilaku anak didik sekurang-kurangnya dapat dilihat pada jalur dan lingkungan pendidikan. seperti rumah tangga, sekolah dan masyarakat.

Pos terkait