Pendidikan Islam

  • Whatsapp
Undangan Digital

Pendidikan adalah proses mengubah sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan pelatihan.[1] Lebih dari sekedar proses mengubah, Ahmad Tafsir mengatakan bahwa “pendidikan adalah pertolongan kepada manusia agar ia menjadi manusia (seutuhnya)”.

Dengan ungkapan yang lebih dalam, Ikhwanul Muslimin mengatakan bahwa: Pendidikan sebagai cara ideal dalam berinteraksi dengan fitrah manusia, baik secara langsung (berupa kata-kata) maupun tidak langsung (berupa keteladanan, sesuai dengan sistem dan perangkatnya yang khas), untuk memproses perubahan dalam diri manusia menuju kondisi yang lebih baik.

Bacaan Lainnya

Dari beberapa definisi mengenai pendidikan di atas bisa dipahami kedudukan strategis dan urgensi pendidikan. Pendidikan sama dengan persiapan bagi peserta didik untuk menjalani kehidupan. Karenanya, akan berbahaya jika praktik pendidikan dijalankan secara serampangan dan tanpa landasan filosofis yang jelas lagi kukuh. Di sinilah kedudukan filsafat pendidikan menjadi penting.

Pendidikan menurut Islam atau pendidikan yang berdasarkan Islam, dan/atau sistem pendidikan Islami, yakni pendidikan yang dipahami dan dikembangkan serta disusun dari ajaran dan nilai-nilai fundamental yang terkandung dalam sumber dasarnya, yaitu Al qur’an dan As Sunnah. Pendidikan Islam dapat berwujud pemikiran dan teori pendidikan yang mendasarkan diri atau dibangun dan dikembangkan dari sumber-sumber dasar tersebut.

Tujuan Pendidikan Islam

Setiap kegiatan apapun bentuk dan jenisnya sadar atau tidak sadar selalu di harapkan kepada tujuan yang ingin di capai. Bagaimanpun segala sesuatu atau usaha yang tidak mempunyai tujuan tidak akan mempunyai arti apa-apa. Dengan demikian tujuan merupakan faktor yang sangat menentukan.[2]

Pos terkait