Pengertian Karakter

Namun, kemudian melalui pratek terus menerus menjadi karakter. Pengertian ini sama dengan beberapa pengertian akhlak dalam beberapa literatur, ini karena dari beberapa versi hampir sama dinyatakan bahwa akhlak dan karakter adalah sama – sama yang melekat dalam jiwa dan dilakukan tanpa pertimbangan.

Dari beberapa pengertian karakter di atas ada dua versi yang agak berbeda. Satu pandangan menyatakan bahwa karakter adalah watak atau perangai (sifat), dan yang lain mengungkapkan bahwa karakter adalah sama dengan akhlak, yaitut sesuatu yang melekat pada jiwa yang diwujudkan dengan perilaku yang dilakukan tanpa pertimbangan.

Bacaan Lainnya

Tapi sebenarnya bila dikerucutkan dari kedua pendapat tersebut adalah bermakna pada sesuatu yang ada pada diri manusia yang dapat menjadikan ciri kekhasan pada diri seseorang. Karakter sama dengan kepribadian, tetapi dipandang dari sudut yang berlainan. Istilah karakter dipandang dari sudut ”penilaian”, baik-buruk, senang-benci, menerima-menolak, suatu tingkah laku berdasarkan norma-norma yang dianut. Istilah kepribadian dipandang dari sudut ”penggambaran”, manusia apa adanya tanpa disertai penilaian.

Menurut Nana Syaodih Sukmadinata, kepribadian dalam bahasa Inggris disebut personality, yang berasal dar bahasa Yunani per dan sonare yang berarti topeng, tetapi juga berasal dari kata personae yang berarti pemain sandiwara, yaitu pemain yang memakai topeng tersebut. Kepribadian diartikan dalam dua macam. Pertama, sebagai topeng (mask personalty), yaitu kepribadian yang berpura-pura, yang dibuatbuat, yang semua mengandung kepalsuan. Kedua, kepribadan sejati (real personalty) yaitu kepribadian yang sesungguhnya, yang asli.

Baca Juga :  Hakikat Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini

Seperti dalam bukunya Child Development, Elzabeth B. Hurlock menyebutkan bahwa : The term “personality” comes from the Latin word “persona”. Personality is the dinamis organization within the individual of those psychophysical system that determine the individual’s unique adjusments to the enviroment. (Istilah personality berasal dari kata Latin persona yang berarti topeng. Kepribadian adalah susunan sistem-sistem psikofisik yang dinamai dalam diri suatu individu yang unik terhadap lingkungan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *