Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat

  • Whatsapp
Undangan Digital

Menurut Crow and Crow dalam bukunya Abdul Rahman Saleh berpendapat ada tiga faktor yang mempengaruhi timbulnya minat, yaitu:

  1. Dorongan dari dalam diri individu, misal dorongan makan, rasa ingin tahu dan seks.
  2. Motif sosial, dapat menjadi faktor yang membangkitkan minat untuk melakukan suatu aktivitas tertentu.
  3. Faktor emosional, minat mempunyai hubungan yang erat dengan emosi.

Selain dari hal tersebut diatas beberapa kondisi lain juga mempengaruhi minat seseorang adalah :
a. Status ekonomi
Jika status ekonomi seseorang terbilang baik dan stabil, maka orang tersebut cenderung memperluas minat mereka untuk mencakup hal yang semula belum mereka laksanakan. Sebaiknya, kalau status ekonomi mengalami kemunduran karena tanggung jawab keluarga tata usaha yang kurang maju, maka orang cenderung untuk mempersempit minat mereka.

Bacaan Lainnya

b. Pendidikan
Faktor pendidikan sangat mempengaruhi minat seseorang dalam hal apapun. Semakin tinggi dan semakin formal tingkat pendidikan yang dimiliki seseorang maka semakin besar pula minat orang tersebut untuk melakukan suatu kegiatan/ minat orang tersebut terhadap suatu benda.

c. Situasional
Faktor ini terdiri dari orang-orang dan lingkungan yang ada disekitar orang tersebut. Jadi lingkungan dan masyarakat sangat berpengaruh terhadap minat seseorang pada suatu hal. Misalnya, seseorang yang tinggal disekitar perpustakaan daerah dan orang-orang disekitar perpustakaan daerah tersebut senang membaca buku di perpustakaan itu maka orang ini akan suka juga dengan kegiatan membaca.

Baca Juga :  Uji Analisis Data Eksploratori Dan Konfirmatori

Pos terkait