Pengertian Kreativitas Belajar

  • Whatsapp
Undangan Digital

George D. Stoddard dalam bukunya creativity in education sebagaimana dikutip Julius Candra, menyatakan menjadi kretif berarti menjadi tidak dapat diterka atau diramalkan sebelumnya (unpredic table).

Kreativitas adalah dinamika yang membawa perubahan yang berarti, entah dalam dunia kebudayaan, dunia ide, dunia seni atau struktur social.

Bacaan Lainnya

Definisi tentang kreativitas ini mencakup kenyataan energi dan spontanitas manusia. Manusia dapat berubah-ubah dalam putaran waktu. Selama itu juga mereka melakukan hal-hal yang luar biasa yang tidak pernah dipikirkan sebelumnya yang mungkin merupakan bentuk kreativitas yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Sedangkan Rogers menekankan bahwa sumber dari kreativitas adalah kecenderungan untuk mengaktualisasi diri, mewujudkan potensi, dorongan untuk berkembang dan menjadi matang, kecenderungan untuk mengekspresikan dan mengaktifkan semua kemampuan organisme.

Kreativitas dapat dinilai ketika hal tersebut tertuang dalam suatu tindakan nyata. Ketika pemikiran baru belum dituangkan, maka itu adalah proses menuju kreatif.

Baca Juga :  Tahap Pengembangan Multimedia Pembelajaran

Pos terkait