Pengertian Pendidikan Agama Islam

  • Whatsapp
Undangan Digital

Secara fitrah manusia dianugrahi oleh Allah dengan potensi untuk membina dan mengembangkan aspek-aspek rohaniah dan jasmaniah. Potensi tersebut bisa menjadi matang melalui proses pendidikan karena di dalam pendidikan terdapat pola-pola pengarahan dan pengaturan untuk mencapai tujuan.

Dalam Islam, pendidikan pada mulanya disebut dengan kata Ta’dib, kata tersebut mengandung unsur-unsur pengetahuan (‘llm), pengajaran (Ta’lim) dan pengasuhan yang baik (Tarbiyah). Tarbiyah sendiri berasal dari kata “Rabba, Yurobbi, Tarbiyatan” yang artinya tumbuh dan berkembang.

Bacaan Lainnya

Pendidikan Islam adalah sistem pendidikan yang sengaja didirikan dan diselenggarakan dengan hasrat dan niat (rencana yang sungguh-sungguh) untuk mengejawantahkan ajaran dan nilai-nilai Islam, sebagaimana tertuang atau terkandung dalam visi, misi, tujuan, program kegiatan maupun pada praktik pelaksanaan kependidikannya. Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) merupakan salah satu perwujudan dari pengembangan sistem pendidikan Islam.

Pendidikan Islam adalah usaha orang dewasa muslim yang bertaqwa secara sadar mengarahkan dan membimbing pertumbuhan serta perkembangan fitrah (kemampuan dasar) anak didik melalui ajaran Islam ke arah titik maksimal pertumbuhan dan perkembangannya. Pendidikan Islam juga termasuk sistem kependidikan yang mencakup seluruh aspek kehidupan yang dibutuhkan oleh hamba Allah, sebagaimana Islam telah menjadi pedoman bagi seluruh aspek kehidupan manusia baik duniawi maupun ukhrawi. Pendidikan Islam juga termasuk proses pengenalan yang ditanamkan secara bertahap dan berkesinambungan dalam dirimanusia mengenai objek-objek yang benar sehingga hal itu akan membimbing manusia kearah pengenalan dan pengakuan terhadap eksistensi Tuhan dalam kehidupan.

Menurut beberapa pendapat yang dikutip oleh tim dosen IKIP Malang di dalam bukunya pendidikan Agama Islam adalah sebagai berikut:
a. As-Saibani mengatakan pendidikan Islam adalah usaha mengubah tingkah laku individu dalam mengubah pribadinya atau kehidupannya pada umumnya dengan dilandasi oleh nilai-nilai Islam.

Baca Juga :  Pentingnya Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Pos terkait