Teori Pengembangan Moral

Si pelanggar harus diberi kesempatan untuk melihat diri sendiri mengenai perbuatannya, seperti orang lain melihat dirinya. Namun, jika ia gagal dalam memahami diri dan gagal pula memahami aturan moral, maka hukuman yang dijalaninya juga berarti mengalami kegagalan.

Ruang lingkup moral
Ruang lingkup moral secara garis besar dapat dikelompokkan dalam tiga hal nilai akhlak yaitu sebagai berikut:
a. Akhlak terhadap Tuhan yang Maha Esa
Manusia, tumbuh-tumbuhan, hewan, dan semua benda yang ada di sekeliling kita adalah makhluk ciptaan Tuhan yang maha kuasa. Kita harus percaya kepada Tuhan yang menciptakan alam semesta ini, artinya kita wajib mengakui dan meyakini bahwa Tuhan Ynag Maha Esa itu memang ada. Kita harus beriman dan bertaqwa kepada-Nya dengan yakin dan patuh serta taat dalam menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Semua agama mempunyai pengertian tentang ketaqwaan, secara umum taqwa berarti taat melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Jadi, kita harus ingat dan waspada serta hati-hati jangan sampai melanggar perintah-Nya.

Bacaan Lainnya

Tuhan Yang Maha Esa adalah maha pemberi, pengasih, dan penyayang. Asalkan kita meyakiniakan keberadaannya dan akan kekuasaan dan kebesarannya maka Tuhan akan memberikan apapun yang kita minta. Oleh karena itu, janganlah kita merasa bosan untuk berdoa dan memohon, jangan pula cepatmenyerah, tetapi tetap berusaha dengan sekuat tenaga.

Setiap akan melakukan suatu pekerjaan jangan lupa membaca kalimat Tuhan: Bismillahirrahmanirrahim”, agar mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan serta selamat. Setelah selesai sampaikan rasa syukur kita, misalnya dengan mengucapkan “Alhamdulillahirabbilalamin”.

Selain Tuhan maha pemberi, juga akan selalu memberi balasan terhadap apa yang kita kerjakan dimanapun dan kapanpun. Jika kita berbuat baik, pasti Tuhan akan membalasnya dengan kebaikan dan pahala yang berlipat ganda. Tetapi sebaliknya, jika berbuat buruk/jahat, Tuhan pun akan membalasnya dengan siksa dan dosa.

Pos terkait