Teori Pengembangan Moral

Kita mengenal pencipta dan yang diciptakan (Al-Khaliq dan makhluk). Manusia sebagai ciptaan Tuhan mempunyai kewajiban terhadap sang pencipta dan kewajiban terhadap sesama manusia. Kewajiban terhadap Tuhan adalah melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Perbuatan yang dilakukan karena perintah-Nya disebut ibadah. Semua perbuatan baik yang kita lakukan merupakan ibadah, tentu saja yang berada dalam bingkai perintah-Nya.

Perintah dan larangan-Nya ada dalam kitab suci yang diturunkan-Nya, selain itu juga contoh perbuatan yang diberikan oleh para nabi dan rasul. Banyak perbuatan baik yang merupakan ibadah yang bersifat umum yang diajarkan oleh agama yang ada di dunia ini, seperti tolong-monolong dalam kebaikan, kasih saying, bersikap ramah dan sopan, dan bekerja keras dalam mencari nafkah.

Bacaan Lainnya

Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa merupakan ibadah sehingga dikatakan bahwa orang yang tidak pernah berdoa kepada Tuhan adalah sombong. Oleh karena itu, jangan malas berdoa. Segala yang kita lakukan tidak ada jaminan akan terlaksana dengan baik. Karena itu, kita memohon kepada Tuhan agar kita diberi kekuatan untuk bisa melakukan sesuatu perbuatan yang baik.

b. Akhlak terhadap sesama manusia
Setiap manusia harus mempunya jati diri. Dengan jati diri, seseorang mampu menghargai dirinya sendiri, mengetahui kemampuannya, kelebihan dan kekurangannya, serta dapat menjawab beberapa pertanyaan: siapakah saya ini? Apakah saya berguna atau tidak berguna bagi orang lan? Mengapa saya harus berbuat lebih baik? Bagaimana caranya dapat berguna bagi diri sendiri atau orang lain dan masyarakat serta bangsa dan Negara? Dimana saya harus berbuat baik, dan sebagainya?

Baca Juga :  Apa kriteria sekolah yang boleh menerapkan Kurikulum Merdeka?

Orang tua adalah pribadi yang ditugasi Tuhan untuk melahirkan, membesarkan, memelihara, dan mendidik kita, maka sudah sepatutnya seorang anak mencintai dan menghormati orang tua serta taat dan patuh kepadanya. Contoh sikap yang perlu kita perhatikan dan lakukan kepada orang tua adalah memohon izin, memberi salam pada waktu mau pergi dan pulang dari sekolah, lebih baik lagi jika mencium tangannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *