Strategi Pembelajaran PQ4R

  • Whatsapp
Undangan Digital

Model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) merupakan salah satu bagian dari strategi elaborasi. Strategi ini digunakan untuk membantu siswa mengingat apa yang mereka baca , dan dapat membantu proses belajar mengajar dikelas yang di laksanakan dengan kegiatan membaca buku. Kegiatan membaca buku bertujuan untuk mempelajari sampai tuntas bab demi bab suatu pokok pembahasan materi pembelajaran.

Oleh karena itu, keterampilan pokok pertama yang harus di kembangkan dan di kuasai oleh para siswa adalah membaca buku pelajaran dan tambahan bacaan lainnya. Dengan keterampilan membaca itu setiap siswa akan memasuki dunia keilmuan yang penuh pesona,memahami khasanah kearifan yang banyak hikmat, dan mengembangkan keterampilan lainnya yang amat berguna untuk kelak dalam mencapai tujuan hidup yang sukses.Aktifitas membaca yang terampil akan membukakan pengetahuan yang luas, serta keahlian dimasa yang akan datang. Kegiatan dan keterampilan membaca ini tidak bisa tergantikan.

Bacaan Lainnya

Strategi PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) bersumber pada prinsip belajar dan penemuan dari psikologi kognitif. Sejumlah studi tentang strategi belajar PQ4R menyimpulkan bahwa metode ini dapat membuat perbedaan dalam sejumlah informasi pada tes. Strategi ini dapat mengarahkan siswa kepada terciptanya lingkungan pembelajaran yang aktif, dan memproses informasi lebih dalam lagi. Sebagian besar siswa menggunakan strategi belajar yang pasif. Membaca pasif akan membentuk karakter saat bekerja nanti menjadi seorang pekerja keras tapi lemah dalam ingatannya.

Langkah-langkah Dalam Strategi Belajar PQ4R
Salah satu model yang paling banyak dikenal untuk membantu siswa dalam memahami dan mengingatkan materi yang mereka baca adalah model PQ4R. Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam model PQ4R adalah sebagai berikut :

Baca Juga :  Pentingnya Pendidikan Islam Di Sekolah

Preview
Langkah pertama ini dimaksudkan agar siswa, membaca selintas dengan cepat sebelum mulai membaca bahan bacaan siswa yang memuat tentang materi bacaan tersebut. Siswa dapat memulai dengan membaca topik-topik, sub topik utama, judul dan sub judul, kalimat-kalimat permulaan atau akhir suatu paragraf,atau ringkasan pada akhir suatu bab. Apabila hal itu tidak ada, siswa dapat memeriksa setiap halaman dengan cepat, membaca satu atau dua kalimat di sana-sini sehingga diperoleh sedikit gambaran mengenai apa yang ingin di pelajari. Perhatikan ide pokok yang akan menjadi inti dalam bahan bacaan siswa. Dengan ide pokok ini akan memudahkan memberi keseluruhan ide yang ada.

Pos terkait