Tinjauan Tentang Manusia

  • Whatsapp
Undangan Digital

Kajian ini membahas secara singkat mengenai konsep islam tentang manusia, khususnya mengenai Penciptaan Manusia. Banyak teori-teori yang muncul mengenai proses terciptanya manusia sebelum turunnya al-Quran. Dari mulai teori Aristoteles hingga Louis Pasteur . Mereka mencoba mengungkap tentang dari mana asal-usul hidup dan kehidupan.

Semenjak itulah (tepatnya 1860) muncul teori baru yang menyatakan bahwa semua yang hidup berasal dari yang hidup sebelumnya. Walaupun teori baru itu nampaknya lebih hebat dan rasional, namun ternyata masih belum mampu menjabarkan “misteri” hidup itu sendiri. Karena teori-teori tersebut tidak dapat memberikan jawaban atas pertanyaan tentang dari manakah asal-usul hidup pertama kali. Karena itulah orang menjadi bingung.

Bacaan Lainnya

Pada abad pertengahan al-Qur’anul-Karim dan Rosululloh salah satunya pendobrak pintu kegelapan teori ini dengan mengemukakan fakta-fakta penciptaan manusia yang sangat rumit dan ajaib.

Manusia adalah homo religious (makhluk yang beragama), homo sapiens atau animal rationale (makhluk yang berpikir), dan homo economicus (makhluk yang mempunyai kesadaran ekonomi) .

Para ahli banyak memberi predikat kepada manusia misalnya, manusia adalah:

  1. Homo religius artinya makhluk yang beragama atau berTuhan
  2. Homo inducandung artinya makhluk yang dapat dididik
  3. Homo misterius artinya makhluk yang unik
  4. The tool making artinya binatang yang mampu menggunakan alat
  5. Homo intellectualistis artinya makhluk yang mempunyai akal
  6. Homo dualistis artinya dua (jasmani dan rohani) menjadi satu bentuk
  7. Mono pluristis artinya banyak faktor yang membentuk satu ujud (manusia).
Baca Juga :  Model Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini

Pos terkait