Peranan Keluarga Dalam Pendidikan Anak

  • Whatsapp
Undangan Digital

Keluarga sebagai lembaga pendidikan yang pertama dan utama mempunyai peranan penting dalam mengembangkan potensi yang dimiliki oleh anak secara mendasar. Menurut Hasan Langgulung ada tujuh bidang- bidang pendidikan yang dapat dikembangkan oleh orang tua dalam rangka pendidikan keluarga, yaitu pendidikan jasmani, kesehatan akal (intelektual),agama, psikologi dan emosi, akhlak dan sosial anak.

Pendidikan Jasmanian dan Kesehatan
Keluarga mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan fungsi fisiknya. Serta untuk menciptakan kesehatannya. Fungsi dari jasmani adalah memperoleh pengetahuan, konsep- konsep, ketrampilan, kebiasaan, dan sikap yang harus dimiliki oleh anak. Peranan keluarga dalam dalam menjaga kesehatan anak-anaknya dapat dilaksanakan sebelum bayi lahir , yaitu pemeliharaan terhadap kesehatan ibu dan memberinya makanan yang baik dan sehat selama mengandung.

Bacaan Lainnya

Pendidikan akal (intelektual)
Walaupun pendidikan akal telah dikelolah oleh institusi khusus, tetapi peranan keluarga masih tetap penting, terutama orang tua mempunyai tanggung jawab sebelum anak masuk sekolah. Tugas keluarga dalam pendidikan intelektual adalah untuk menolong anak-anaknya, menemukan, membuka, dan menumbuhkan kesedian-kesediaan, bakat-bakat, minat, dan kemampuan kebiasaan dan intelektual yang sehat dan melatih indera kemampuan- kemampuan akal tersebut.

Pendidikan agama dan spiritual
Pendidikan agama tumbuh dan berkembang dari keluarga, sehingga peran orang tua sangat penting. Pendidikan agama dan spiritual berarti membangkitkan kekuatan dan kesediaan spiritual yang bersifat naluri pada diri anak yang disertai kegiatan upacara keagamaan. Begitu juga memberi bekal anak-anak dengan pengetahuan agama dengan kebudayaan islam yang sesuai dengan umur anak dalam bidang akidah, ibadah muamalat, dan sejarah, disertai dengan cara-cara pengalaman keagamaan.

Baca Juga :  Kenakalan Remaja

Pendidikan sosial anak
Pendidikan sosial anak melibatkan bimbingan terhadap tingkah laku sosial, ekonomi dan politik dalam rangka meningkatkan akidah iman dan taqwa kepada Allah SWT. Islam selalu mengajarkan untuk berbuat adil kepada sesama, memberi kasih sayang dan selalu mementingkan dan akalnya. Tugas yang lain adalah memperoleh kebiasaan mendahulukan orang lain. Islam juga mengajarkan tolong menolong setia kawan, cinta tanah air, sopan, tidak sombong, rendah hati, dan sebagainya.

Pos terkait