Teknik Penyusunan Soal HOTS dalam Kurikulum 2013

Soal HOTS selain ber karakteristik mengukur kemampuan tingkat tinggi, yaitu harus berbasis masalah kontekstual (situasi nyata dalam kehidupan sehari hari), serta menggunakan bentuk soal yang beragam. Dalam penyusunan soal HOT untuk kognitif yaitu dengan menentukan perilaku yang hendak diukur, merumuskan materi yang akan dijadikan dasar pertanyaan (stimulus), uraian materi menuntut penalaran tinggi dengan memilih stimulus soal sesuai dengan situasi dan kondisi daerah di sekitar satuan pendidikan.

Pada penilaian sikap dengan mengasumsikan setiap peserta didik memiliki perilaku yang baik dan perilaku yang menonjol (sangat baik atau perlu bimbingan) yang dapat diamati dan dijumpai dalam pembelajaran yang selanjutnya dapat dicatat atau ditulis. Penilaian ketrampilan, di dalamnya ada aspek HOTS karena terdapat aspek transfer knowledge, critical thinking dan creativity serta problem solving.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Penilaian Authentik dalam Kurikulum 2013

Penyusunan soal HOTS yang dilakukan untuk mengukur ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor, dapat dijelaskan dalam uraian berikut ini.

Penilaian Kognitif

Dalam penulian soal dituntut untuk dapat menentukan perilaku yang hendak diukur dan merumuskan materi yang akan dijadikan dasar pertanyaan (stimulus) dalam konteks tertentu sesuai dengan perilaku yang diharapkan. Selain itu uraian materi yang akan ditanyakan (yang menuntut penalaran tinggi) tidak selalu tersedia di dalam buku pelajaran. Oleh karena itu dalam penulisan soal HOTS, dibutuhkan penguasaan materi ajar, keterampilan dalam menulis soal (kontruksi soal), dan kreativitas guru dalam memilih stimulus soal sesuai dengan situasi dan kondisi daerah di sekitar satuan pendidikan. Berikut dijelaskan langkah-langkah penyusunan soal-soal HOTS.

a. Menganalisis KD yang dapat dibuat soal-soal HOTS
Guru-guru secara mandiri atau melalui forum KKG/MGMP dapat melakukan analisis terhadap KD yang dapat dibuatkan soal-soal HOTS.
b. Menyusun kisi-kisi soal
Kisi-kisi penulisan soal-soal diperlukan untuk memandu guru dalam:
• memilih KD yang dapat dibuat soal-soal HOTS
• merumuskan IPK
• memilih materi pokok yang terkait dengan KD yang akan diuji
• merumuskan indikator soal
• menentukan level kognitif
• Menentukan bentuk soal dan nomor soal

Pos terkait