Penunjang Keberhasilan Pelaksanaan Pembelajaran Remedial

Penunjang Keberhasilan Pelaksanaan Pembelajaran Remedial yaitu:
a. Mengenal peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, dan beberapa indikator untuk mengenal kesulitan belajar peserta didik yaitu:

  1. Peserta didik belum dapat menguasai materi pelajaran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
  2. Peserta didik memperoleh hasil belajar yang rendah dibandingkan dengan peserta didik lainnya.
  3. Peserta didik belum mencapai prestasi belajar sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.
  4. Peserta didik belum dapat menunjukkan kepribadian yang baik.
    b. Memahami faktor-faktor penyebab kesulitan belajar dari dalam dan luar diri peserta didik.
    c. Perlu melakukan usaha perbaikan terhadap kesulitan belajar peserta didik dengan dua cara yaitu:
  5. mencegah kesulitan belajar agar tidak menular kepada peserta didik lainnya,
  6. menyembuhkan peserta didik yang sedang mengalami kesulitan belajar. Dan usaha yang dilakukan untuk penyembuhan kesulitan belajar dapat diidentifikasi dengan instrumen observasi, angket, wawancara, yaitu antara lain dengan mengamati hasil pekerjaan pekerjaan peserta didik, tugas kelompok, buku rapor, kunjungan ke rumah, dapat pula dengan tes psikologi, tes intelegensi, tes bakat, dan tes kepribadian.

Program Pengayaan

Program pengayaan adalah pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang telah mencapai dan/atau melampaui KKM. Mereka adalah peserta didik yang lebih cepat dari pada teman-teman sekelasnya dalam menguasai bahan pelajaran yang diberikan kepadanya atau dapat dikatakan mereka adalah peserta didik yang dapat cepat dalam menyelesaikan tugas belajarnya, sehingga diperlukan treatment atau perlakuan tambahan yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Efektivitas Penggunaan Metode Drill Berbantu Media Daring Quizizz untuk Meningkatkan Motivasi Siswa pada Pengoperasian Bilangan Bulat Negatif

Perlu dipahami bahwa program pengayaan dapat diselenggarakan dengan baik jika dibuat perencanaan pengajaran yang baik, pelaksanaan pengajaran dan evaluasi dilakukan dengan baik, dan tentunya mendapat dukungan dari semua pihak antara lain kerjasama dari orang tua / wali murid. Unsur-unsur lain yang terlibat dalam rancangan pengajaran pengayaan yang perlu ada dan harus diperhatikan adalah peserta didik, guru, media, metode, materi, serta waktu pelaksanaan, semua itu perlu diperhatikan dengan tujuan pengajaran pengayaan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Fokus pengayaan adalah pendalaman dan perluasan dari kompetensi yang dipelajari. Pengayaan biasanya diberikan segera setelah peserta didik diketahui telah mencapai KKM berdasarkan hasil penilaian harian. Pembelajaran pengayaan biasanya hanya diberikan satu kali, tidak berulangkali. Pembelajaran pengayaan umumnya tidak diakhiri dengan penilaian. Jadi dalam hal ini berbeda perlakuannya dengan remedial.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *