Materi tentang Sistem Pernafasan

  • Whatsapp

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita selalu bernafas. Apakah sebenarnya bernafas itu? Kita bernafas dengan menghirup udara bebas di sekitar kita, kemudian terjadi pemisahan dari udara tersebut. Karena pada dasarnya tubuh hanya memerlukan oksigen, dan karbon dioksida harus dikeluarkan. Oksigen diperlukan tubuh untuk proses pembakaran, serta menguraikan zat gula atau glukosa di dalam tubuh manusia sehingga kita mendapatkan energi untuk beraktifitas.

Saluran pernafasan merupakan organ yang diperlukan sebagai tempat masuknya udara sampai terjadi pemisahan oksigen dan keluarnya karbon dioksida. Beberapa organ tersebut adalah:

Bacaan Lainnya

Hidung: Hidung merupakan tempat masuknya udara bebas yang mengandung oksigen dan keluarnya karbon dioksida. Selain sebagai organ hidung berfungsi sebagai alat pernapasan dan salah satu panca indera manusia yaitu indera pembau. Hidung terdiri atas beberapa bagian yaitu: lubang hidung, rongga hidung dan ujung rongga hidung. Di dalam rongga hidung banyak terdapat rambut, kapiler darah. Di dalam rongga hidung, udara yang dihirup dan masuk akan disaring terlebih dahulu oleh rambut – rambut kecil atau silia dan selaput lender, hal ini dilakukan untuk mencegah masuknya debu, kotoran akan menempel di rambut hidung, mengatur suhu udara pernapasan, serta mengidentifikasi adanya bau.

Faring: Faring merupakan persimpangan jalan masuk udara dan makanan. Letaknya tepat di depan tulang leher yang berhubungan dengan rongga hidung. Faring berfungsi untuk menghangatkan udara dan menyaring terlebih dahulu sebelum bergerak menuju trakea.

Laring: Laring merupakan daerah pangkal tenggorokan, berfungsi sebagai tempat melekatnya selaput atau pita suara. Katup epiglottis pada laring otomatis tertutup saat menelan makanan hingga tidak masuk ke saluran pernapasan. Infeksi laring atau laryngitis terjadi jika ada udara kotor masuk. Gejala yang lebih parah menyebabkan pembengkakan pita suara hingga suara serak.

Baca Juga :  Klasifikasi Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan MI

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *