Materi tentang Sistem Pernafasan

Trakea (Batang Tenggorokan); Trakea merupakan pipa kaku elastik dengan panjang sekitar 10 cm yang terletak di depan kerongkongan dan tersusun atas tulang-tulang rawan berbentuk cincin. Dinding bagian trakea dilapisi oleh jaringan epitel berambut (bersilia) yang berfungsi untuk menahan dan mengeluarkan kotoran yang terbawa oleh udara agar tidak masuk ke dalam paru-paru dan dikeluarkan melalui bersin.

Baca Juga: Pembahasan Materi tentang Tumbuhan

Bronkus dan Bronkiolus; Bronkus merupakan percabangan trakea yang berfungsi untuk membawa udara menuju paru-paru kiri (bronkus kiri) dan kanan (bronkus kanan). Percabangan bronkus di dalam paru-paru disebut bronkiolus.

Bacaan Lainnya

Alveolus: Alveolus merupakan saluran akhir dari pernapasan yang berupa gelembung-gelembung udara. Bentuk dan struktur alveolus adalah menyerupai bola-bola mungil yang diliputi oleh pembuluh-pembuluh darah sehingga memudahkan kapiler mengikat oksigen. Epitel pipih yang melapisi alveoli memudahkan darah di dalam kapiler-kapiler darah mengikat oksigen dari udara dalam rongga alveolus.

Paru-paru; Paru-paru merupakan alat pernapasan paling utama sekaligus salah satu organ terpenting bagi manusia. Letak paru-paru ada di dalam rongga dada, di sebelah kanan dan kiri dan dipisahkan oleh jantung. Paru- paru merupakan sekumpulan dari alveolus. Di dalam alveolus ini terjadilah pertukaran antara oksigen dengan karbondioksida. Alveolus ini diselubungi oleh pembuluh darah yang berbentuk jaring dan membantu jalannya pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

Baca Juga :  Pendidikan Islam

Baca Juga: Pembahasan tentang Materi Hewan

Diafragma; Diafragma merupakan jaringan otot pada organ paru-paru yang terletak di bagian bawah dan memiliki kubah. Permulaan pernafasan terjadi ketika menarik (inspirasi) udara diafragma berkontraksi, mendatar dan ditarik ke bawah. Gerakan ini menyebabkan meningkatnya ruang pada paru-paru dan membuat udara ditarik masuk ke dalam paru-paru. Gerakan ini juga memicu skema pernafasan perut pada manusia. Demikian sebaliknya jika kita mengeluarkan karbondioksida (ekspirasi), diafragma membuat ruang pada paru-paru menjadi sempit, sehingga udara didorong keluar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *