Pembelajaran Tematik Berbasis TIK di SD

  • Whatsapp

Pembelajaran tematik merupakan salah satu model dalam pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan berbagai konsep atau materi pembelajaran pada satu mata pelajaran (tematik) atau lebih dari satu mata pelajaran (tematik terpadu). Selain memadukan berbagai konsep atau materi pembelajaran, pembelajaran tematik terpadu juga menghubungkan berbagai keterampilan, sikap, dan nilai pada satu atau lebih mata pelajaran, sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi peserta didik.

Pembelajaran tematik memberikan penekanan pada pemilihan suatu tema yang spesifik sesuai dengan materi pembelajaran untuk menghubungkan berbagai gagasan, konsep, keterampilan, sikap, dan nilai yang terkandung dalam satu atau lebih mata pelajaran. Dengan demikian, adanya tema dalam pembelajaran tematik berfungsi sebagai pemersatu atau pengikat informasi yang terkandung dalam satu atau lebih mata pelajaran.

Bacaan Lainnya

Pembelajaran tematik berdasar pada filsafat konstruktivisme yang berpandangan bahwa pengetahuan yang dimiliki peserta didik merupakan hasil bentukan mereka sendiri. Peserta didik membentuk pengetahuannya melalui interaksi dengan lingkungan, bukan hasil bentukan orang lain. Proses pembentukan pengetahuan tersebut berlangsung secara terus menerus sehingga pengetahuan yang dimiliki peserta didik menjadi semakin lengkap. Melalui pembelajaran tematik ini, peserta didik dapat belajar tentang bagaimana belajar (learning how to learn), selain pengetahuan yang dikonstruksi oleh mereka sendiri akan lebih bertahan lama dalam ingatannya.

Pembelajaran tematik menekankan pada keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga mereka dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya sehingga pembelajaran lebih bermakna dan berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan mereka. Dengan kata lain, pembelajaran tematik lebih menekankan pada penerapan konsep belajar sambil melakukan sesuatu, sehingga guru perlu mengemas atau merancang pengalaman belajar yang akan memperngaruhi kebermaknaan belajar peserta didik. Pengalaman belajar yang menunjukkan kaitan unsur-unsur konseptual menjadikan proses pembelajaran lebih efektif.

Baca Juga :  Efektivitas Penggunaan Metode Drill Berbantu Media Daring Quizizz untuk Meningkatkan Motivasi Siswa pada Pengoperasian Bilangan Bulat Negatif

Kaitan konseptual antarmata pelajaran yang dipelajari akan membentuk skema, sehingga peserta didik akan memperoleh keutuhan dan kebulatan pengetahuan. Selain itu, penerapan pembelajaran tematik di SD akan sangat membantu peserta didik dalam membentuk pengetahuannya karena sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik SD yang masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistik).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *