Hakikat Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK

Menurutnya, guru yang memiliki kecakapan literasi digital dapat memaknai secara positif pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran sehingga mampu memperkuat peran guru dalam membentuk generasi yang kreatif, inovatif, serta kompetitif. Generasi demikian dapat dihasilkan melalui proses pembelajaran yang mengutamakan proses-proses berpikir visioner dan inovatif untuk menghadapi perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang masif.

Proses pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi digital harus tetap relevan dengan hakikat pendidikan sebagai upaya memanusiakan manusia, sehingga peran guru sebagai pendidik tidak dapat digantikan oleh teknologi digital yang hanya sebagai alat bantu pembelajaran. 

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Jenis-jenis Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK

Memaknai Era Revolusi Industri 4.0 yang merupakan era transformasi digital dengan karakteristik di atas, kegiatan pembelajaran dituntut untuk mengurangi penerapan metode ceramah untuk mentransfer pengetahuan (transfer of knowledge) dan meningkatkan proporsi aktivitas mengonstruksi pengetahuan oleh peserta didik menggunakan media pembelajaran yang inovatif, salah satunya aplikasi pembelajaran berbasis TIK.

Kegiatan pembelajaran tidak hanya proses interaksi antarpeserta didik, antara guru dengan peserta didik, melainkan juga adanya interaksi antara media yang digunakan guru dengan peserta didik. Aplikasi pembelajaran baik yang tersedia berbayar maupun tidak memiliki peran penting dalam pembelajaran sebagai sarana penunjang aktivitas belajar supaya efektif.

Baca Juga :  Pendidikan Sebagai Basis Kebudayaan

Aplikasi merupakan sebuah program komputer berbentuk perangkat lunak yang dibuat untuk mengerjakan dan melaksanakan tugas khusus oleh penggunanya untuk tujuan tertentu. Sedangkan aplikasi pembelajaran merupakan perangkat lunak yang dibuat atau dirancang untuk tujuan tertentu dalam menyampaikan informasi kepada peserta didik dalam pembelajaran untuk merangsang pikiran, perhatian, perasaan, serta kemampuan peserta didik sehingga dampaknya akan mendorong semangat belajar mereka. Aplikasi pembelajaran berperan sebagai sarana penunjang atau pendukung pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar, sehingga perannya tidak menggantikan peran guru secara keseluruhan.

Baca Juga: Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Tematik Berbasis TIK dalam Pembelajaran

Dalam pembelajaran berbasis TIK, guru mempunyai peran penting karena selama pembelajaran berlangsung peserta didik akan sering terlibat dengan komputer baik perangkat keras maupun lunak. Salah satu peran guru dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran berbasis TIK di kelas, yaitu melakukan kontrol yang ketat terhadap peserta didik SD khususnya selama pembelajaran berlangsung karena mereka belum memiliki kontrol diri yang kuat. Suprihatinngrum (2013: 325) menyatakan bahwa keunggulan pembelajaran berbasis TIK dengan aplikasi komputer, yaitu:

  • Aplikasi komputer dapat mengajarkan konsep-konsep, aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks.
  • Aplikasi komputer berprogram cocok digunakan untuk pembelajaran mandiri.
  • Aplikasi komputer dapat melatih kemampuan motorik peserta didik jika pembelajaran dikemas dalam bentuk game dan simulasi.
  • Aplikasi komputer juga mampu menyediakan pembelajaran berupa video yang isinya dapat menggugah perasaan dan sikap peserta didik.

Dalam proses pembelajaran, aplikasi pembelajaran berbasis TIK akan membantu tugas guru agar proses belajar mengajar baik di dalam mupun di luar kelas menjadi lebih baik. Oleh karenanya penguasaan beberapa aplikasi pembelajaran berbasis TIK oleh guru menjadi keharusan dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru.

Baca Juga :  Prinsip-prinsip pemilihan tema dalam Pembelajaran

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *