Faktor Pembentuk Integrasi Nasional

  • Whatsapp

Dari maraknya berbagai kejadian yang berusaha untuk memecah belahkan NKRI akir-akir ini maka penting sebagai pendidik untuk dapat menumbuhkan integritas nasional dalam anak didiknya. Untuk itu terdapat beberapa hal yang dapat membentuk integrasi nasional seperti:

Rasa Senasib-Seperjuangan

Dahulu untuk berjuang memerdekaan indonesia Rasa Senasip-Seperjuangan menjadi suatu faktro pendong yang luar biasa bagi para pejuang, berbagai macam perbedaan yang ada di kesampingkan demi kemerdekaan Indonesia. Di masa kini rasa senaasib-Seperjuangan yang timbul karena memiliki pengalaman/sejarah yang sama dalam berjuang.

Bacaan Lainnya

Untuk itu sebagai seorang pendidik Pancasila dan Kewarganegaraan dapat mengambil peran ini guna mensosialisasikan bahwa meski rakyat indonesia memiliki berbagai macam perbedaan seperti suku, ras, agama, bahasa kita dulu pernah bersama sama berjuang mempertaruhkan nyawa untuk memerdekaan indonesia dari penjajahan. Kemerdekaan yang kita nikmati sekarang juga merupakan berkat perjuangan saudara kita yang memiliki budaya yang berbeda dengan kita.

Pemaknaan Ideologi Nasional

Tak bisa di tawarlagi bahwa ideologi NKRI adalah Pancasila, Pancasila sendiri berisi nilai-nilai yang berakar dari masyarakat Indonesia. Selain itu nilai-nilai yang ada dalam pancasila tidak bertentangan dengan nilai-nilai positif yang ada di Indonesia. Hanya saja kadang ada yang menganggab bahwa pancasila tidak lagi sesuai dengan keadaan Indonesia masa kini dan hendak di ganti ideologi lain.

Namun sebenarnya pandangan yang ingin menggantikan ideologi pancasila dengan ideologi lain, tak lain karena ideologi pancasila tidak dipahami secara menyeluruh. Untuk itu Pemaknaan ideologi nasional yaitu Pancasila dilakukan melalui implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari untuk mewujudkan integrasi nasional di Indonesia.

Baca Juga :  Urgensi Pendidikan Berpikir Kritis Terhadap Konsep Merdeka Belajar Di Era New Normal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *