Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini

Untuk itu, agar pertumbuhan dan perkembangan tercapai secara optimal maka dibutuhkan situasi dan kondisi yang  kondusif pada saat memberikan stimulasi dan upaya pendidikan  yang sesuai dengan kebutuhan dan minat anak. 

Secara teoretis berdasarkan aspek perkembangannya,  seorang anak dapat belajar dengan sebaik-baiknya apabila  kebutuhan fisiknya dipenuhi dan mereka merasa aman dan  nyaman secara psikologis. Selain itu, hal lain yang perlu  diperhatikan adalah bahwa anak membangun pengetahuannya  sendiri, anak belajar melalui interaksi sosial dengan orang dewasa  dan anak-anak lainnya, anak belajar melalui bermain, minat anak  dan rasa keingintahuannya memotivasinya untuk belajar sambil  bermain, serta terdapat variasi individual dalam perkembangan dan  belajar. 

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Ciri-ciri Anak Berkebutuhan Khusus

Usia dini merupakan usia yang sangat penting bagi  perkembangan anak sehingga disebut golden age. Perkembangan  anak usia dini sebenarnya diulai sejak pranatal. Pada saat itu,  perkembangan otak sebagai pusat kecerdasan berlangsung sangat pesat. Selain otak, organ sensori seperti pendengaran, penglihatan,  penciuman, pengecap, perabaan, dan organ keseimbangan juga  berkembang pesat.

Dalam perkembangannya, anak mempunyai berbagai kebutuhan yang perlu dipenuhi, yaitu kebutuhan primer yang  mencakup pangan, sandang, dan papan, serta kasih sayang, perhatian, rasa aman, dan penghargaan terhadap dirinya  sebagaimana teori kebutuhan dari Maslow. Terpenuhinya  kebutuhan tersebut akan memungkinkan anak mendapat peluang  mengaktualisasikan dirinya dan hal ini dapat menghadirkan pelatuk  untuk mengembangkan seluruh potensi secara utuh. Pemenuhan  kebutuhan dalam perkembangan anak ditentukan oleh fungsi  lingkungan yang saling berinteraksi dengan individu, melaluipendekatan yang sifatnya memberikan perhatian, kasih sayang, dan peluang untuk mengaktualisasikan diri sesuai dengan taraf dan  kebutuhan perkembangannya.

Baca Juga :  Karakteristik Perkembangan dan Belajar AUD

Baca Juga: Prinsip Pembelajaran PAUD Holistik Integratif

Pada masa tersebut, anak berkembang ke arah  kemandirian, dari koordinasi yang kaku ke arah keterampilan yang  lebih luwes, dari bahasa tubuh ke arah komunikasi verbal, dari  kesadaran kepada diri sendiri berkembang ke arah perhatian  kepada orang lain, dari kesadaran saat ini dan di sini ke arah  kesadaran dan keingintahuan intelektual yang lebih luas, dari  pemerolehan fakta terpisah ke arah konseptualisasi dan  perkembangan minat yang mendalam pada symbol. 

Adapun beberapa teori yang mendukung tentang  perkembangan Anak Usia Dini (AUD) dapat dipahami pada materi  berikut ini : Teori Perkembangan Anak Usia Dini. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *