Pengertian PTK atau Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian tindakan kelas berasal dari bahasa Inggris, yaitu Classrom Action Research, Classrom Action Research, yang berarti penelitian dengan melakukan tindakan yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. (Septantiningtyas et al., 2019)

Secara bahasa ada tiga istilah yang berkaitan dengan penelitian tindakan kelas (PTK), yakni penelitian, tindakan, dan kelas. Pertama, penelitian adalah suatu perlakuan yang menggunaan metologi untuk memecahkan uatu masalah.

Bacaan Lainnya

Kedua, tindakan dapat diartikan sebagai perlakuan yang dilakukan oleh guru untuk memperbaiki mutu. Ketiga kelas adalah tempat berlangsungnya kegiatan atau sekelompok siswa yang dalam waktu yang sama, menerima pelajaran yang sama dari guru yang sama juga. (Suprayitno, 2012)

Kasihani, menyatakan bahwa yang dimaksud dengan PTK adalah penelitian praktis, bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas dengan cara melakukan tindakan-tindakan.

Upaya tindakan untuk perbaikan dimaksudkan sebagai pencarian jawab atas permasalahan yang dialami guru dalam melaksanakan tugasna sehari-hari. Pada pelaksanakannya, setiap masalah yang diungkap dan dicarikan jala keluar haruslah masalah yang benar-benar ada dan nyata dialami oleh guru. (Maisarah, 2020)

Baca Juga: Tujuan Dan Manfaat PTK Penelitian Tindakan Kelas

Sedangkan Suyanto, secara singkat PTK dapat didefinisikan sebagai suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakuka tindakan-tindakan tertentu, untuk memperbaiki atau meningkatkan praktek-praktek pembelajaran di kelas secara lebih profesional. Oleh karena itu, PTK terkait erat dengan persoalan praktek pembelajaran sehari-hari yang dialami  guru. (Septantiningtyas et al., 2019)

Baca Juga :  Dampak Virus Corona Terhadap Ekonomi Global

Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas (PTK) adalah peneitian yang menerapkan suatu tindakan untuk memecahkan masalah dan memperbaiki pembelajaran di kelas. Tindakaan diberikan oleh guru atau dilakukan oleh siswa melalui arahan guru, dan alasan utama dilaksanakaan PTK yaitu karena guru beranggapan bahwa masalah dikelasnya harus diselesaikan menggunakan tindakan tersebut.

Kelas yang dimaksud mewakilkan ruangan atau tempat guru memberikan pelajaran, sehingga kelas tersebut tidak harus berada di dalam ruangan (yang disebut dengan kelas), tetapi juga luar ruangan seperti lapangan sekolah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *