Kurangnya Lapangan Pekerjaan di Pulau Jawa

dikirim keluar negeri adalah, mabel (gambar 4.1 dan 4.2), kerajinan tas kulit, kerajinan rotan, kerajinan batik dan masih banyak lagi. Kerajinan tersebut membutuhkan modal awal yang besar dan benar-benar membutuhkan tenaga ahli dalam pengerjaannya (Lincolin, 1997).
Kerajinan tangan yang memiliki kualitas bagus namun tidak membutuhkan modal yang besar salah satu contohnya adalah membuat mahar atau seserahan (gambar 2.1). Dengan modal 50 ribu kita dapat membuat 3 box sesrahan yang dapat di jual seharga 75 ribu satu box nya tanpa isi. Jika dengan isinya maka kita bisa mematok sampai 150 ribu perbox. Tergantung detail pekerjaan. Dan dengan keahlian autodidak yang dapat kita ajarkan pada orang lain maka kita dapat sedikit membuka lapangan pekerjaan untuk mereka. Kita ajarkan mereka, kemudian berilah mereka kesempatan untuk mengembangkan usaha mereka sendiri.

Salah satu kerajinan yang juga dapat menyelamatkan bumi adalah kerajinan daur ulang. Sampah kering yang sudah tidak terpakai dapat kita olah kembali menjadi suatu kerajinan dengan harga jual tinggi. Contohnya, sampah kaleng rokok (gambar 5.2) yang sangat susah untuk di hancurkan dan butuh berpuluh-puluh juta tahun untuk melebur sampah tersebut. Kita dapat membuat inovasi baru dengan sampah kaleng rokok tersebut, yaitu di jadikan tempat pensil, untuk pot bunga, gantungan kunci (gambar 5.1) tempat make up yang cantik. Dengan memainkan kreatifitas kita dapat menghasilkan suatu barang yang sangat bernilai tinggi.
4.3    inovasi generasi muda dalam meningkatkan perkembangan ekonomi di pulau jawa
Sebagai generasi muda kita selalu di tuntut untuk memberikan hal baru dan bermanfaat di lingkungan sekitar. Adanya program daur ulang di desa maupun kota dapat memudahkan para pengerajin untuk mencari barang daur ulang yang dapat dijadikan barang bernilai tinggi. Generasi muda yang meiliki kratifitas tinggi dapat menjadi peluang untuk lingkungan sekitar untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Meskipun gaji yang diberikan tidak banyak. Setidaknya dari adanya pengerajinan ini mereka dapat belajar kreatifitas dan keterampilan yang dapat di terapkan jika mereka pindah kedaerah baru dan dapat mengembangkan keterampilan tersebut. Tak hanya di lingkungan tempat tinggalnya keterampilan itu

Pos terkait