Hakikat Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK

Pembelajaran yang relevan supaya peserta didik dapat beradaptasi dengan kebutuhan dan tuntutan pada era disrupsi ini adalah pembelajaran yang penuh dengan keterbukaan, memandirikan, dan menumbuhkan kemampuan berpikir kritis peserta didik supaya mereka cerdas terhadap informasi yang diterimanya selama pembelajaran di dalam dan luar sekolah. Informasi yang didapatkan oleh peserta didik secara cerdas melalui proses perseptual, memorial, dan introspeksi dapat menghasilkan pengetahuan yang bermanfaat bagi mereka.

Dengan kata lain, pembelajaran yang dibutuhkan pada era disrupsi ini adalah pembelajaran yang memperkuat literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Data berperan sebagai pesan pembelajaran yang bisa bertransformasi menjadi informasi dan pengetahuan, teknologi sebagai alat pendukung pembelajaran, dan manusia sebagai subjek pembelajaran.

Bacaan Lainnya

Pembelajaran merupakan proses interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, dan peserta didik dengan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran yang relevan dengan Era Revolusi Industri 4.0 sebagai era disrupsi memiliki beberapa ciri, di antaranya:

  • Pembelajaran yang diarahkan oleh peserta didik sendiri (self-directed learning)
  • Pembelajaran dengan multisumber belajar (multi-souces)
  • Pembelajaran sepanjang hayat (life-long learning)
  • Pembelajaran berbasis TIK (ICT based learning)
  • Pembelajaran yang adaptif (adaptive learning)
  • Pembelajaran yang dapat membangun cara pandang (growth mindset)

Peran guru dalam pembelajaran yang berorientasi kepada proses transfer pengetahuan (transfer of knowledge) pada era disrupsi dapat digantikan dengan teknologi, sehingga guru dapat mengoptimalkan peran utamanya dalam membimbing, memotivasi, mengarahkan, dan memfasilitasi aktivitas belajar peserta didik dengan memanfaatkan TIK secara aman baik fisik maupun mental. 

Pos terkait