Hakikat Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK

Pesatnya perkembangan teknologi pada era transformasi digital menghadirkan peluang dan tantangan dalam bidang pendidikan terutama terkait fasilitasi tumbuh kembang peserta didik. Risakotta (dalam Azzet, 2011, hal. 73) menyebutkan bahwa proses pembelajaran pada era transformasi digital sebaiknya dilaksanakan secara berkualitas melalui proses membangun sikap aktif-produktif dibanding pasif-reseptif dan sikap kritis yang bertanggung jawab dibanding dengan sikap kritis yang dogmatis-idealogis.

Dengan demikian, proses pembelajaran akan berkualitas jika difasilitasi oleh guru yang memiliki kecakapan literasi digital, literasi teknologi, dan literasi manusia yang memadai sehingga mereka memiliki kemampuan dan kesadaran untuk menggunakan TIK secara cerdas dan aman bagi peserta didik (Yahya, 2018, hal. 13-14). 

Bacaan Lainnya

Gilster (1997) mendefinisikan literasi digital sebagai kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam berbagai format dengan penekanan pada pemikiran kritis dalam menggunakan TIK. Menurutnya, literasi digital tidak hanya dimaknai sebagai kecakapan dalam menggunakan teknologi digital dalam mencari sumber informasi, namun juga sebagai kesadaran kritis dalam memanfaatkan teknologi digital.

Dengan demikian, literasi digital merupakan kesadaran, sikap, dan kemampuan individu untuk secara tepat menggunakan alat dan fasilitas digital untuk mengidentifikasi, mengakses, mengelola, mengintegrasikan, mengevaluasi, menganalisis, dan mensintesis sumber daya digital, membangun pengetahuan baru, membuat ekspresi media, dan berkomunikasi dengan orang lain dalam konteks spesifik situasi kehidupan untuk memungkinkan tindakan sosial yang konstruktif dan untuk merefleksikan proses. 

Eshet (2004) merinci indikator kecakapan literasi digital sebagai berikut:

  • Memproduksi dan mengomunikasikan informasi
  • Mengonstruksi pengetahuan
  • Menyaring dan mengelola informasi
  • Kesadaran tentang nilai-nilai tradisional
  • Membaca dan memahami materi yang tidak berurutan dan dinamis
  • Kesadaran dalam membangun jejaring
  • Berpikir kritis dalam mengambil informasi

Pos terkait