Manfaat Pelaporan Perkembangan Anak Usia Dini

Pelaporan perkembangan anak usia dini merupakan sarana komunikasi antara lembaga pendidikan/guru, anak, dan orangtua. Oleh sebab itu pelaporan perkembangan anak kepada orang tua adalah bagian penting dalam upaya mengembangkan dan menjaga hubungan antara lembaga pendidikan, anak dan orang tua. Secara rinci tentang pelaporan memberi banyak manfaat diantaranya sebagai berikut :

  • Diagnosis Kemajuan Perkembangan Anak

Asesmen perkembangan anak dilaksanaan secara terus- menerus dan berkesinabungan. Oleh karena itu harus ada rekaman tingkat kemajuan tiap anak untuk mengikuti perkembangan belajarnya. Mengingat bahwa perkembangan anak usia din berjalan sangat pesat, maka tiap aspek-aspek perlu dirincikan indikatornya untuk setiap rentangan usia tertentu.

Indikator perkembangan anak sebenarnya merupakan llangkah awal yang harus disusun dan ditetapkan dalam proses asesmen perkembangan anak agar pelaporan menjadi obyektif dan tepat sasaran. Indikator perkembangan merupakan gambaran perilaku yang tampak pada anak sebagai derajat atau tingkatan suatu kemampuan tertentu. Gambaran perilaku ini harus dapat diamati (obsevrable) dan dapat diukur (terukur). Pengembangan indikator  membutuhkan pemahaman terhadap perkembangan anak secara teorotik dan perkembangan anak secara aktual dapat dilihat dari kesehariannya.

Sebagaian besar anak dapat dengan mudah mencapau indikator perkembangan tertentu dan kemungkinan sebagian kecil anak akan mampu mencapai lebih cepat lagi, tetapi ada pula anak-anak yang membutuhkan waktu lebih lama yang lain. Setiap anak dengan perkembangan yang berbeda-beda berhak mendapatkan pelayanan tindak lanjut untuk mengoptimalkan laju perkembangannya. Lembaga pendidikan diharapkan menyediakan program-program pengembangan bagi anak yang berupa stimulasi kegiatan yang memperkaya pengetahuan dan keterampilannya.

  • Prediksi Masa Depan Anak

Hasil evaluasi perkembangan anak perlu dianalisis oleh guru untuk melihat pada aspek-aspek. Aspek mana yang menonjol pada anak dengan cara membandingkan pada indikator perkembangan pada tingkat usia tersebut. Kemajuan perkembangan anak pada aspek tertentu ini akan menjadi bahan analisis lebih lanjut yang dapat memprediksikan bakat serta minat anak dan dapat dijadikan dasar untuk pengembangan anak dalam memilih jenjang karier anak dimasa depan.

Baca Juga :  Model Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini
  • Seleksi  dan sertifikasi

Pada akhir tahun ajaran semua semua catatan anak dapat dirangkum berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakuakan. Pada anak usia 0-6 tahun kemajuan perkembangan anak dikualitatif dan disampaikan dalam bentuk narasi. Dan sertifikasi bagi anak yang menamatkan pendidikannya.

  • Umpan Balik Kegiatan Pembelajaran dan Kurikulum Sekolah

Catatan kemajuan anak secara total digunakan sebagai umpan balik bagi para guru untuk program-program pembelajaran yang telah disusun untuk kemudian direvisi untuk keperluan pembelajaran yang akan datang. Bagi sekolah atau penanggung jawab kurikulum, catatan kemajuan dapat dijadikan dasar untuk kurikulum sekolah yang telah dilaksanakan dan menyempurnakannya agar lebih sesuai dengan kebutuhan anak usia dini. Kurikulum nasional dan aspirasi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *