Hidup Kelabilan Di Masa Remaja

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Berdasarakan hasil penelelitian dapat digamabarkan bahwa Remaja merupakan seseorang yang masih dalam tahapan perkembangannya, masa remaja dikatakan sebagai masa pubertas yaitu yang bisa disebut dengan  usia yang menuju dari  kedewasaan mereka[3]. Biasanya pada masa ini remaja mengalami kelabilan ketika melakukan sesuatu yang artinya mereka belum memiliki pendirian yang tegu terhadap suatu peramsalahan dan pemikiran mereka yang selalu berubah-ubah. Dikarenakan kelabilan yang dialami remaja sering kali remaja mengalami berbagai permasalahan diantaranya:
1.      timbulnya sikap apatis dalam remaja, Sikap apatis merupakan sikap acuh yang memliki kecenderungan untuk menolak sesuatu yang tidak sesuai dengan dirinya sendiri pada saat bersamaan.
2.      kurangnya rasa percaya diri Seringkali remaja mengalami rasa percaya diri yang rendah sehingga menimbulkan kecemasan, akibatnya segala perilaku yang akan dilakukan terjadi penghambatan karena tidak kokohnya mental yang ada pada diri mereka.
3.      Stress dan frustasi .Ketika remaja tidak memiliki pikiran terbuka dan kekuatan mental maka jika dilanda masalah akan menyebabkan rasa frustasi, terkadang rasa frustasi ini menjerumuskanmereka kepada hal-hal yang negative, seperti mabuk-mabukan, balap motor dan lain sebagainya
4.       Ketidakmampuan untuk terlibat dalam hal-hal yang tidak diinginkan seperti menunjukkan diri dimasyarakat atau ber orientasi.
5.       Perasaan tidak berdaya.Kemajuan teknologi yang semakin berkembang yang menimbulkan pengaruh negatif  karena teknologi semakin menguasai gaya hidup dan pola berpikir remaja yang labil menyalah gunakan teknologi sebagai alat jalan pintas kemaksiatan yang menimbulkan kurangnya fokus belajar.
6.      6 suka memuji diri sendiri dihadapan orang lain seperti memamerkan kejadian yang dianggap luar biasa dialaminya

Baca Juga :  Ide-Ide Dan Strategi Manajemen Madrasah Ibtidaiyah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *