Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa

Deskripsi hasil wawancara :
Upaya guru dalam meningkatkan minat baca siswa MI :
Wawancara 1
Pewawancara : Bagaimana menurut ibuk minat baca pada siswa kelas I MI Ma’arif Pagerwojo sekarang ?
Guru 1 A: Kalau dilihat sekarang ini perkembangan minat baca terhadap siswa sebenarnya
menurun.
Pewawancara : Apa faktor yang mempengaruhi menurunnya minat baca pada siswa MI buk ?
Guru 1 A: Faktor yang mempengaruhi minat baca siswa seperti buku-buku diperpustakaan banyak yang tidak diperbarui, hanya terdapat buku lama sehingga siswa bosan dan juga faktor kurangnya dorongan atau motivasi dari orang tua siswa tersebut.
Pewawancara : Bagaimana metode mengajar ibuk supaya meningkatkan minat baca siswa?
Guru 1 A : disaat jam pelajaran  memberikan kepada siswa untuk membaca buku selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai, mengisi teka-teki silang yang membuat siswa tidak cepat bosan dalam membaca dan disamping itu juga siswa berpikir kritis.
Pewawancara : Lantas bagaimana upaya ibuk sebagai seorang guru untuk meningkatkan
minat baca pada siswa MI ?
Guru 1 A: Upaya yang dapat saya lakukan yaitu, saya dapat memberikan dorongan anak bercerita tentang apa yang telah dibacanya, siswa dapat menukar buku dengan teman-temannya, biasa menyuruh siswa membeli buku yang menarik minat baca siswa seperti buku cerita anak-anak, memberikan buku sebagai hadiah kepada siswa yang berprestasi.
Wawancara 2
Pewawancara : Bagaimana menurut ibuk minat baca pada siswa kelas I MI Ma’arif Pagerwojo sekarang ?
Guru 1B :
Pewawancara : Apa faktor yang mempengaruhi menurunnya minat baca pada siswa MI buk ?
Guru 1 B : Faktor yang mempengaruhi minat baca siswa sekarang ini yaitu globalisasi, pemakaian gadget pada siswa yang seharusnya belum saatnya diberikan pada anak usia tersebut, biarpun di berikan harus ada pengawasan.gadget tersebut berdampak siswa menjadi malas membaca dan mencari suatu jawaban dari tugas yang diberikan oleh guru.
Pewawancara : Bagaimana metode mengajar ibuk supaya meningkatkan minat baca siswa?
Guru 1 B : kalau metode mengajar saya, beragam seperti diskusi dan tanya jawab, siswa saya bagi beberapa kelompok lalu saya beri pertanyaan lalu mereka menjawabnya. Biar tidak bosan dalam pembelajaran biasanya saya memberi tebak kata pada siswa sehingga membuat siswa sangat antusias dalam membaca.
Pewawancara : Bagaimana upaya ibuk sebagai seorang guru dalam meningkatkan
minat baca pada siswa MI ?
Guru 1 B : Upaya saya untuk meningkatkan minat baca siswa yaitu dengan mengisi buku-buku yang menarik di perpustakaan dan mengganti buku-buku lama, seperti mengisi buku bergambar dan komik, sehingga siswa tertarik untuk membacanya, membuat perpustakaan itu senyaman mungkin, contohnya saya belikan meja dan rak buku baru, dan setiap guru kelas diwajibkan mengunjungi perpustakaan serta melakukan proses pembelajaran disana.

Baca Juga :  Membumikan Kesadaran Berliterasi di Kalangan Guru dan Siswa

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *