Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin Di Madrasah Ibtida’iyah Islamiyah Sumberwudi

Di dalam kelas juga perlu ditegakkan aturan yang diberlakukan bagi semua warga kelas. Aturan berfungsi sebagai standar perilaku yang harus ditaati oleh seluruh warga kelas. Berhubungan dengan peranan aturan atau norma di dalam kelas Nucci & Narvaez  menjelaskan bahwa dalam pendidikan moral perlu melibatkan dukungan otoritatif norma. Dalam konteks ini pengertian “norma” dianggap bersinonim dengan “aturan,” atau “standar perilaku”
Faktor yang diperhatikan dalam menciptakan  iklim kelas yang kondusif, antara lain : 8
a.    Melakukan  pendekatan dalam pembelajaran yang hendaknya berorientasi yang memusat bagaimana murid yag sedang belajar dalam kelas.
Proses pembelajaran yang dilaksanakan hendaknya bertujuan untuk memberikan peluang aktif murid tersebut. Dengan pendekatan ini guru dapat menggunakan pendektan konstruktivisik adalah dengan membantu murid dalam membangun pengetahuan.  Diharapkan dalam proses pembelajaran ini menjadi lebih berkualitas dan bermakna bagi murid sehingga dapat meningkatkan kompetensi dan prestasi belajar murid tersebut.
b.    Pemberian penghargaan oleh guru terhadap murid yang berpartisipasi aktif dalam kelas setiap proses pembelajaran. Dengan cara memuji murid, memberikan nilai tambahan, atau yang lainnya.

Baca Juga :  Teknik-teknik Evaluasi Perkembangan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *