Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Dari beberapa pendapat diatas, dapat ditarik kesimpulan peranan guru dalam kegiatan belajar mengajar secara rinci adalah sebagai berikut :
a.    Informator : sebagai pelaksana cara mengajar informatif, laboratorium, studi lapangan dan sumber informasi kegiatan akademik maupun umum.
b.    Organisator : pengelola kegiatan akademik, silabus, workshop, jadwal pelajaran dan lain- lain.
c.    Motivator : dalam hal ini peran guru sangat penting karena dalam rangka meningkatkan kegairahan dan pengembangan kegiatan belajar siswa.
d.    Direktor : jiwa kepemimpinan bagi guru dalam peranan ini lebih menonjol. Guru dalam hal ini harus dapat membimbing dan mengarahkan kegiatan belajar siswa sesuai dengan tujuan yang dicita-citakan.
e.    Inisiator : guru dalam hal ini sebagai pencetus ide-ide dalam proses belajar. Sudah barang tentu ide-ide itu merupakan ide-ide kreatif yang dapat dicontoh oleh anak didiknya.
f.    Transmitter : guru bertindak selaku penyebar kebijaksanaan pendidikan dan pengetahuan.
g.    Fasilitator : guru yang memberikan fasilitasatau kemudahan dalam proses belajar-mengajar.
h.    Mediator : guru sebagai penengah dalam kegiatan belajar mengajar.
i.    Evaluator : guru mempunyai otoritas untuk menilai prestasi anak didik dalam bidang akademis maupun tingkah laku sosialnya, sehingga dapat menentukan bagaimana anak didiknya barhasil atau tidak.
j.    Supervisor : guru sebagai pengawas utama yang mengamati kondisi sekolah. Dengan demikian guru hendaknya membantu, memperbaiki, mengkritisi terhadap segala segala sesuatu yang terjadi disekolah.
k.    Evaluator : guru memberikan penilaian yang apa adanya mencakup segala aspek yang terkait dengan anak didiknya.
l.    Demonstrator : guru harus menyadari bahwa tidak semua materi dapat dipahami oleh anak didik dengan mudah, maka dari itu guru harus membantu para anak didiknya dengan memperagakan apa yang harus diajarkan supaya mereka berhasil memahaminya.

Baca Juga :  Kepemimpinan Pendidikan Di Sekolah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *