Manajemen Kesiswaan

6.    Pembinaan dan Pengembangan Siswa
Langkah berikutnya dalam manajemen kesiswaan adalah melakukan pembinaan dan pengembangan terhadap siswa. Pembinaan dan pengembangan siswa ini dilakukan sehingga anak mendapat bermacam-macam pengalaman belajar untuk bekal di masa mendatang. Pembinaan dan pengembangkan dapat dilakukan melalui pelayanan khusus yang menunjang manajemen peserta didik. Layanan-layanan yang dibutuhkan peserta didik di sekolah meliputi:
a)    Layanan Bimbingan dan Konseling
Layanan BK merupakan proses pembinaan bantuan kepada siswa agar perkembangannya optimal sehingga anak didik bisa mengarahkan dirinya dalam bertindak dan bersikap sesuai tuntutan dan situasi lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat.
b)    Layanan Perpustakaan
Diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah, memyediakan informasi yang dibutuhkan oleh siswa, dan memberi layanan rekreatif melalui koleksi bahan pustaka. Keberadaan perpustakaan sangatlah penting karena perpustakaan dipandang sebagai kunci dalam pembelajaran siswa di sekolah.
c)    Layanan Kantin
Kantin diperlukan disetiap sekolah agar kebutuhan anak terhadap makanan yang bersih, bergizi, dan higienis terpenuhi selama di sekolah. Guru pun bisa mengontrol dan berkonsultasi dengan pengelola kantin agar menyediakan makanan yang sehat.
d)    Layanan Kesehatan
Layanan kesehatan di sekolah biasanya berbentuk sebuah wadah yang bernama Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), sasaran utama UKS adalah meningkatkan atau membina kesehatan siswa dan lingkungan sekitarnya. Program UKS: (1) menciptakan lingkungan yang sehat, (2) memberikan pendidikan kesehatan, (3) memelihara kesehatan di sekolah.
e)    Layanan Trasportasi
Sarana trasportasi bagi peserta didik berfungsi sebagai penunjang kelancaran proses belajar-mengajar. Biasanya layanan ini diperlukan oleh peserta didik di tingakat prasekolah dan pendidikan dasar. Penyelenggaraan layanan transportasi sebaiknya dilaksanakan oleh sekolah yang bersangkutan atau pihak swasta.

Baca Juga :  Konsep Pancasila sebagai Sistem Filsafat Bangsa

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *