Konsep Manajemen Kurikulum PAUD

Terdapat tiga teori belajar yang penting untuk difahami oleh guru, yaitu teori belajar behavioristik, teori belajar kognivistik, dan teori belajar konstruktivistik.
1)    Teori Belajar Behavioristik
Teori behavioristik merupakan teori belajaar yang paling dasar diantaranya dilandasi hasil para peneliti seperti Petrovich Pavlov, Thorndike, Skinner, Watson, dan Gagne. Teori ini menggunakan teknik belajar assosiasi dengan cara pengkondisian ataau pembiasaan untuk mencapai suatu tujuan. Menurut teori ini, pembelajaran tidak lain daripada memberi stimulus (S) atau rangsangan tertentu keepada anak yang  kemudian mengakibatkan adanya reaksi atau respons (R) yang diharapkan sesuai dengann tujuan. Hasil belajar berbentuk perubahan tingkah laku yang dapat dilihat. Fokus pada pola prilaku baru yang diulang-ulang sampai menjadi otomatis. Dalam perkembangannya teori ini kemudian mengispirasi sejumlah model pembelajaran seperti; a) Belajar tuntas /mastery learning,
b) Pembelajaran langsung/direct nstruction, c) Belajar kontrol diri /learning self control, d) Latihan asertif /assertive training.

Baca Juga :  Media Pembelajaran AUD

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *